Kenapa Laptop Wajib Menggunakan SSD di Bandingkan HDD

83 views

Liputan.kosongin.com.– Halo sahabat kali ini admin mau mengimpormasikan tentang leptop. Kenapah harus mengunakan SSD di bandinkan HD. leptop memang memiliki peyimpanan yang bisa kita tambahkan. Namu umumnya leptop sudah memiliki daya peyipana yang maksimal sesuai tipe leptop yang di hadirkan

kusunya kelas low sampai dengan mid end, karna wajar sajaukuran peyimpanan yang besar sudah lama di gunakan di berbagai leptop. Namun seiringanya perkembangan jaman. Peguna HDDsangat berkembang pesat.

bukan tampa alsana memang penguna mementingkan kecapatan di bandingkan dengan ukruan yang besar tentu saja sekrang bannya yang memilih kecepatan. Di bandingkan denga peyimpanan

Nah Sekarang kita bahas aja Kenapa Laptop Wajib Menggunakan SSD di Bandingkan HDD

Read dan write file yang lebih cepat

Sebuah HDD dengan ukuran normal dan 5400 RPM mempunyai kecepatan rata-rata 50 MBps atau bahkan dibawah kecepatan tersebut. Sedangkan sebuah SSD dapat mencapai 250 sampai dengan 650 MBps tergantung dengan jenis SSD. Tersebut yang terbagi dari NVME dan SATA.

Dengan begitu sebuah SSD dapat diartikan lebih cepat 10 sampai dengan 15 kali kecepatan HDD dalam membaca dan menulis data.

Kecepatan ini penting komputer atau laptop akan bekerja lebih cepat karena file yang dibaca juga sangat cepat per detiknya.

Booting yang lebih cepat

aptop dengan HDD dan SSD jika disandingkan dengan ketentuan spesifikasi yang sama, akan lebih cepat bootingnya pada laptop dengan SSD.

Perbedaannya cukup signifikan dimana laptop HDD membutuhkan setidaknya 15 sampai dengan 30 detik untuk melakukan booting.

Sedangkan laptop dengan SSD dapat selesai kurang dari 10 detik. Perbedaan yang sangat jauh dan terasa jika sudah terbiasa menggunakan HDD.

Proses sistem operasi yang cepat

Walaupun sebuah laptop kelas low end dengan spesifikasi seperti processor Intel Celeron atau Intel Pentium sekalipun, menggunakan SSD akan sangat mempercepat proses.

Itulah beberapa alasan laptop dengan kelas budget yang spesifikasi rendah, namun karena menggunakan SSD, terasa sangat cepat ketika digunakan.

Perbedaan seperti membuka aplikasi, melakukan aktivitas pada program, bermain game, hingga memutar video akan terasa cepat.

Sebaliknya, laptop yang menggunakan spesifikasi rendah dengan media HDD, akan terasa sangat lambat, apalagi kalau HDD nya hampir penuh.

Aman dari goncangan dan benturan

aptop dengan HDD sangat tidak dianjurkan tergoyang ketika digunakan karena masih menggunakan piringan fisik di dalamnya.

Akibatnya adalah jika terguncang saat bekerja, maka bisa mengakibatkan kesalahan atau error pada HDD dalam membaca dan menulis data.

Sebaliknya, penyimpanan SSD tidak menggunakan penyimpanan fisik seperti HDD sehingga aman dari guncangan dan benturan ringan.

SSD menggunakan media yang tidak bergerak menggunakan jarum atau membaca piringan disk, melainkan media yang tidak bergerak.

Cocok digunakan untuk laptop karena sering dibawa kemana mana dan menghindari kerusakan karena tidak perlu khawatir dengan SSD.

Kesimpulan

Laptop menggunakan SSD sangat penting pada tahun 2021 karena semua proses akan terasa lebih cepat. Serta lebih nyaman ketika dibawa kemana-mana. Tidak perlu khawatir mengenai kerusakan akibat guncangan ringan pada laptop serta dapat. Membuat sebuah komputer atau laptop lebih cepat dalam membaca data.

Penutup

Terimakasih keteman yang telah berkunjung keliputan.kosongin.com.- semoga impormasi. Yang admin bahas bisa membantu teman, jangan lupa kunjungi terus liputan.kosongin.com yang selalu memberikan impormasi terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published.