Beberapah Manfaat Menikah untuk Kesehatan Pikiran & Tubuh

74 views

liputan,kosongin.com– halo sahabat kali ini admin mau membahas beberapah kesehatan dan mangfaat menikah sebagian orang untuk menunda menikah demi kalir dan masa depanya dan merasakan mamasa-masa lanjang tapi taukan anda menuda pernikahan atau belum berniat untuk menikah.

Menikah adalah suatu keputusan hidup yang sakral bagi setiap orang. Karena sifatnya yang sakral, kesiapan secara mental dan finansial dari kedua pihak memang harus dipikirkan matang-matang.

Pernikahan memiliki makna yang sangat dalam, maka penting untuk memaknai pernikahan sedalam mungkin. Jangan hanya fokus pada perayaan yang hanya bertahan beberapa jam itu. 

Buat kamu yang sedang ingin memutuskan untuk menikah, wajar saja untuk menimbang dari berbagai sisi. Sebab satu keputusan ini akan mengubah hidupmu kedepannya. 

Tapi tahukah kamu kalau ternyata menikah bermanfaat bagi kesehatan? Menikah ternyata bukan saja membuat hati lebih bahagia, namun juga memberi dampak positif bagi kesehatanmu. Simak manfaat menikah untuk kesehatan.

Manfaat Pernikahan untuk Tubuh Kamu

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat menikah untuk kesehatan berikutnya selanjutnya adalah menikah dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Mungkin sampai poin ini, ada Toppers yang menanyakan, apa kaitannya menikah dengan kesehatan jantung.

Seperti yang sudah disebutkan pada poin-poin manfaat menikah untuk kesehatan sebelumnya seperti gaya hidup sehat, tekanan darah stabil, serta kualitas tidur yang baik, semuanya ini adalah langkah-langkah mencegah munculnya serangan jantung. Dengan kata lain, menikah memang dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Tidur Lebih Nyenyak 

Tidak dapat dipungkiri, tidur dengan pasangan terkasih pastinya membuat kualitas tidur lebih baik.

Ini merupakan manfaat menikah untuk kesehatan yang paling bisa dirasakan langsung. Tidur yang nyenyak dan berkualitas bisa sangat berdampak positif bagi kesehatan.

Pola makan sehat dan olahraga tidak akan cukup jika tidak diimbangi dengan istirahat yang cukup.

Terlebih lagi, dengan adanya pasangan jadi ada seseorang yang memerhatikan apakah kualitas tidur kamu sudah cukup baik atau belum. 

Menjaga Kesehatan Mental 

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, kesehatan mental pada pasangan yang menikah akan lebih terjaga.

Peneliti mengatakan bahwa kaum hawa lah yang lebih merasakan manfaat menikah yang satu ini.

Memiliki dukungan penuh dari suami membuat perempuan tidak cepat depresi, cemas, dan tidak mudah terserang penyakit mental lainnya. 

Pernikahan tidak benar-benar membuat orang lebih bahagia tetapi membantu mereka mempertahankan tingkat kebahagiaan mereka seiring waktu berjalan

Tekanan Darah Lebih Stabil 

Berikutnya, tekanan darah stabil merupakan salah satu manfaat menikah untuk kesehatan yang akan kamu rasakan.

Seseorang yang belum menikah cenderung akan menanggung semua masalah seorang diri, faktor inilah yang dapat menimbulkan stres.

Stres berlebih bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Sementara kalau sudah menikah, kamu jadi punya teman cerita untuk menuangkan segala permasalahan yang kamu hadapi. Jadi, secara tidak langsung tekanan darah mu akan lebih stabil. 

 Gaya Hidup Lebih Sehat 

Penelitian menemukan bahwa orang yang sudah menikah akan memiliki gaya hidup yang lebih sehat daripada orang yang belum menikah.

Hidup bersama dengan orang tersayang akan membuat seseorang termotivasi untuk memiliki gaya hidup yang lebih sehat.

Selain itu, adanya pasangan berarti bisa saling mengingatkan dan menasihatkan pasangan akan kebiasaan yang berdampak buruk bagi kesehatan.

Peneliti juga menemukan bahwa pasangan yang menikah akan lebih memilih untuk mendengarkan saran dokter, mematuhi perawatan, dan pemeriksaan kesehatan. 

Kesehatan Reproduksi Terjaga

Keuntungan yang dirasakan pada pasangan menikah adalah kesehatan reproduksi yang lebih baik.

Pasalnya, kebanyakan dari pasangan menikah pasti mendambakan untuk memiliki keturunan. Oleh karena itu, segala cara akan diusahakan demi kesehatan reproduksi yang lebih baik.

Dengan memiliki gaya hidup yang lebih sehat serta menurunnya tingkat stres pada individu, kesehatan reproduksi pun akan lebih terjaga.

Memperpanjang Usia

Dengan kesehatan fisik dan mental yang lebih baik pada pasangan menikah, artinya pernikahan bisa membuat umur seseorang lebih panjang.

Memang manusia tidak bisa mengatur panjang pendeknya umur, tapi yang bisa dilakukan adalah mengusahakan semaksimal mungkin agar hidupnya lebih berkualitas. 

Penututp

terimakasih buata teman sahabat semua yang telah berkunjung kewebseite kami semoga impormasi yng kami ulas bisa bermanfaat buat teman semu

Leave a Reply

Your email address will not be published.