Pentingnya SKU Dan banyak Manfaatnya Untuk Pengusaha

66 views

Liputan.kosongin.com– Halo sahabat semua berjumpa lagi bersama admin yang kali ini mau mengimpormasi-kan tentang kegunaanya SKU dan cara membuat SKU,

Bila teman seseorang pegusah maka di wajibkan memiliki SKU, [ Surat Keterangan Usaha] kegunaan nya SKU ini dapat menjadi bukti legalitas keberadaan bisnis,yang kita kelola.

Mengapah memiliki SKU sangat penting bagi pengusaha? pasalnya hal itu sudah diatur dalm uu nome 3 tahun1992 tentang wajib daptar perusaan,

undang-undang ini memang jelas kewajiban memiliki SKU, namu disampai kan penting nya memiliki sku agar sebuah perusaan yang dimiliki teman terdaptar kesahanya dan mempunyai bukti keberadaannya tentang usaha yang lagi dijalani

lalu sseperti apa SKU itu? bagi teman yang mempunyai bisnis dapat mengetahui cara membuat sku dan manfaatnya mempunyai SKU, sebagai impormasi, bagi teman yang mempunyai kredit di bank sebaiknya di asuransikan dengan ansuransi kredit

Nah kali ini admin mau mengulas tata cara membuat sku bagi teman yang belum memiliki SKU, dengan cara meyimak ulasan yang akan admin ulas di bawa ini

Ketentuan Mengurus SKU

cara membuat SKU, ada sejumlah dokumen yang harus teman siapkan, untuk mrlrngkapi proses pembuatan SKU. Berkas-berkas ini harus Anda bawa ke kantor kelurahan dan/atau kecamatan supaya dapat diajukan nantinya. Berikut dokumen yang harus dibawa saat mengurus SKU:

a. Fotokopi Kartu Keluarga

b. Fotokopi KTP

c. Fotokopi STTP terbaru

Biasanya syarat ini bisa berbeda-beda tergantung pemerintah daerah setempat masing-masing. Ada pula yang memberi syarat surat keterangan dari RT/RW, bahkan akta dari notaris tentang pendirian usaha. Anda dapat memastikannya dengan mencari tahu ke kantor kecamatan atau kelurahan.

ada beberapah pemiliki UMKM, syarat dokumen yang tadi harus dibawa ke kantor keluraan atau desa, dokumen yang sudah kita siapkan tadi, setalh itu pihak yang akan mengurus surat sepeti camat, dan kan di setempel kecamatan

Masa berlaku SKU, Satu Tahun S etelah Penerbitan

Beberapa daerah menerapkan cara yang berbeda untuk mengajukan permohonan SKU. Misalnya di Provinsi DKI Jakarta yang menerapkan sistem kantor pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) untuk menerbitkan SKU. Berikut daftar dokumen yang diperlukan dalam mendaftar SKU di Jakarta.

a. Surat permohonan yang menyatakan dokumen sah dan benar. Surat ini harus bermaterai.

b. Surat dari RT/RW. Surat ini menyatakan bukti Anda benar berdomisili di lingkungan itu.

c. Surat kuasa jika pemilik usaha mengutus orang lain untuk mengurus SKU. Surat ini bermaterai dan disertai KTP pihak yang diberi kuasa.

d. Identitas pemohon, terdiri dari KTP, KK, dan NPWP.

e. Surat pernyataan yang menyebutkan tidak akan berjualan di bahu jalan, badan jalan, atau mengganggu kegiatan umum. Surat ini bermaterai.

f. Foto tempat usaha.

h. Khusus pemilik usaha yang menyewa tanah atau bangunan, bawa surat perjanjian, pernyataan tidak keberatan dari pemilik properti, dan KTP pemilik asli properti.

Tahapan Membuat SKU keterangan-usaha

Setelah memiliki sejumlah dokumen yang diperlukan untuk membuat keterangan usaha, ada tahap atau mekanisme yang harus dilalui. Berikut penjelasannya.

a. Pemohon mendatangi kantor kelurahan/desa/kecamatan dengan membawa dokumen yang bersangkutan.

b. Sampaikan hendak membuat SKU.

c. Petugas akan meminta berkas yang sudah disiapkan dan memeriksanya terkait kelengkapan.

d. Jika dokumen yang dibawa sudah memenuhi syarat, petugas akan memproses. Sementara itu jika kurang sesuai, dokumen akan dikembalikan.

e. Proses pembuatan SKU maksimal memakan waktu 30 menit hingga satu hari kerja. Hal ini tergantung proses pelayanan di masing-masing kantor pemerintahan.

f. Setelah itu, lurah atau camat sebagai pemegang kewenangan akan membubuhkan tanda tangan disertai stempel.

g. SKU siap dan sah digunakan.

Setelah memiliki SKU, sebaiknya Anda membuat kelengkapan legalitas lainnya. Misalnya Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) . Kedua dokumen ini harus menjadi yang utama. Sebagai tambahan informasi, SIUP dapat diajukan secara daring jika memenuhi syarat.

Manfaat SKU

buat teman yang sudah memiliki SKU, ada banyak manfaat mempunyai SKU, Setiap usaha harus memiliki legalitas keterangan dalam berusaha, birikut ada beberapah manfaat buat teman yang mempunyai SKU.

Menjadi Bukti Legalitas

Memiliki SKU berarti teman menjadi tanda bahwa usaha yang teman dijalankan telah diketahui kehadirannya secara sah oleh pemerintah setempat.

SKU juga menjadi pelengkap izin usaha SIUP yang juga wajib dimiliki. Diketahui hal ini sudah diatur dalam undang-undang, seperti yang tercantum dalam Undang-undang Nomor 3 Tahun 1982 dan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).

Mempermudah Pinjaman ke Bank


Jika Anda sebagai pengusaha ingin mengajukan pinjaman ke bank, Anda dapat membuat SKU terlebih dahulu. Diketahui SKU ini menjadi salah satu syarat pengajuan pinjaman ke bank agar dapat diproses.

Ketentuan Mengikuti Lelang atau Tender Pemerintah
Lelang atau tender pemerintah biasanya meminta SKU sebagai salah satu syarat administratif. SKU menjadi bukti bahwa peserta lelang memiliki usaha yang sah dan legal.

Membuat NPWP Pribadi untuk Wiraswasta


SKU menjadi salah satu syarat pembuatan NPWP untuk wirausaha. Untuk diketahui, NPWP itu sama pentingnya dengan SKU untuk mengajukan pinjaman. Pasalnya NPWP turut menjadi syarat mengajukan pinjaman ke bank.

Mengubah Golongan Listrik ke Bisnis


Diketahui Perusahaan Listrik Negara (PLN) memiliki kategori biaya listrik untuk rumahan dan bisnis. Keduanya bertarif berbeda. Untuk mengubahnya menjadi golongan bisnis (B) dari rumahan (R), Anda harus memiliki SKU.

Selain itu, SKU dapat menjadi membantu mengurus BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan untuk karyawan Anda.

Tempat dan Biaya


Pengusaha dapat memohon pembuatan SKU ke pemerintah daerah tempat usaha tersebut berada. Dengan begitu, SKU merupakan wewenang pemerintah daerah masing-masing. Pemerintah yang memiliki wewenang membuat SKU adalah kelurahan atau kecamatan. Artinya, segala proses pembuatan SKU diselenggarakan di kantor kelurahan atau kecamatan.

Pengajuan SKU sama sekali tidak ditarik biaya oleh pihak kelurahan/desa dan kecamatan, alias gratis. Bagaimana jika pada prakteknya terjadi pungli (pungutan liar)? Anda dapat melaporkannya ke pihak keluarahan atau kecamatan sesuai prosedur.

Penutup

Terimakasi bauat teman yang telah berkunjung kewebsite kami semoga inpormasi yang telah admin ulas di atas bisa bermanfaat buat teman semua, seyang sedang mennya cari inpormasi tentang cara menbuat SKU.

jangan lupa kunjugi teruS. Artikel liputan.kosongin.com.– yang akan selalu memberikan inpormasi yang terbaru buat teman semua , samapai jumpa kembali dipembahasan selanjutnya ,

Leave a Reply

Your email address will not be published.